staycation saat pandemi

Berencana Staycation Saat Pandemi, Ikuti 4 Tips Ini!

Taito Legends – Saat ini, menghabiskan liburan dengan tinggal di dalam hotel, resort, atau penginapan saja alias staycation jadi semakin populer. Salah satunya adalah karena pandemi, yang membuat orang-orang harus membatasi aktivitas di luar ruangan. Jadi, tak heran kalau ada banyak hotel staycation Jakarta yang menawarkan program untuk staycation, seperti yang bisa Anda cek di https://www.yellohotels.com/en-US/jakarta-harmoni.

Staycation sendiri bisa Anda lakukan tanpa harus jauh-jauh ke luar kota. Sebagai contoh, Anda yang tinggal di Jakarta tinggal memilih hotel-hotel di Jakarta yang menawarkan staycation. Walaupun Anda nantinya tidak akan banyak keluar hotel, Anda tetap bisa mengakses semua fasilitas hotel sekaligus mendapatkan suasana nyaman yang beda dengan suasana di rumah.

Meski begitu, Anda juga harus cermat ketika berencana melakukan staycation. Untuk itu, simak dulu 4 tips staycation sehat dan aman selama pandemi berikut ini, yuk!

staycation saat pandemi

1. Ikuti semua protokol kesehatan

Di manapun Anda berada, selalu pastikan bahwa Anda mengikuti protokol kesehatan, ya! Termasuk ketika Anda sedang staycation nanti. Selalu bawa hand sanitizer, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pakai masker di luar kamar, jaga jarak fisik minimal 1 meter dengan staf hotel dan tamu lain, serta terapkan etika batuk dan bersin yang benar.

2. Pilih hotel dengan protokol kesehatan

Pastikan bahwa hotel yang akan Anda pilih untuk staycation memang menerapkan protokol kesehatan yang lengkap, benar, dan disiplin. Penerapan ini termasuk mewajibkan para tamu untuk selalu memakai masker di luar kamar, rutin membersihkan setiap kamar dengan disinfektan, membatasi waktu penggunaan fasilitas publik seperti kolam renang, lounge, fitness center, dan memastikan semua stafnya juga menerapkan protokol kesehatan.

3. Lakukan rapid test sebelum staycation

Tidak semua orang yang terinfeksi virus corona langsung terlihat seperti orang sakit, lho! Sebab, ada juga yang tetap terlihat sehat dan bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali, alias OTG (Orang Tanpa Gejala). Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa Anda memang benar-benar sehat, lakukan rapid test atau swab PCR sebelum Anda staycation.

4. Hindari keramaian dan kerumunan.

Physical distancing penting dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus corona, terutama dari droplet. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, jarak yang ideal adalah antara 1-2 meter. Akan tetapi, physical distancing akan sangat sulit dilakukan apabila Anda berada di tempat yang ramai.

Oleh karena itu, jika Anda merasa bahwa physical distancing sulit dilakukan di suatu tempat, hindari tempat tersebut. Misalnya, Anda akan menggunakan ruang fitness tapi Anda menilai tempatnya sudah cukup penuh. Kalau begitu, Anda bisa tunda dan tunggu sampai fitness center di hotel tersebut sudah lebih sepi.

Itulah 4 tips staycation sehat dan aman di masa pandemi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *